Macam-macam Posisi Menyusui Si Kecil

Proses menyusui mungkin tidak selalu berjalan dengan mulus. Terkadang, mungkin Anda mengalami kesulitan terutama di masa awal menyusui saat masih harus beradaptasi agar lebih terbiasa karena belum menemukan posisi yang tepat.


Sudahkah Anda mengetahui bagaimana posisi menyusui yang benar? Simak informasnya berikut ini:

1. Posisi bersandar (laid-back breastfeeding)

Posisi bersandar merupakan posisi alami yang biasanya dilakukan ketika Anda menyusui pertama kali. Kebanyakan ibu menyukai posisi ini karena dirasa membuat waktu menyusui menjadi lebih santai.

2. Posisi menyusui yang benar dengan cradle hold

Posisi cradle hold serupa dengan posisi menyusui yang benar pada umumnya. Di sini, salah satu tangan Anda akan menekuk guna menopang tubuh bayi.

3. Posisi menyusui yang benar dengan cross cradle hold

Posisi menyusui yang benar dengan cross cradle hold mirip dengan cradle hold. Hanya saja, lengan tangan yang digunakan untuk menopang bayi pada posisi cross cradle hold berlawanan dengan payudara di mana bayi menyusu.

Begini, jika bayi disusui pada payudara sebelah kanan, kepala bayi juga akan berada di sebelah kanan. Sebelumnya, pada posisi cradle hold, tangan Anda yang digunakan untuk menopang tubuh bayi yakni tangan kanan.

Namun, pada posisi cross cradle hold ini, tangan Anda yang dipakai justru sebelah kiri. Posisi ini memudahkan Anda untuk melihat dan mengontrol perlekatan puting susu yang diisap oleh bayi, dilansir dari Kids Health.

4. Posisi berbaring (side-lying)

Bila Anda sedang merasa lelah dan tidak ingin menyusui dalam posisi duduk, berbaring bisa menjadi pilihan yang benar untuk dilakukan.

Bukan hanya itu, posisi berbaring juga merupakan solusi terbaik bagi Anda yang baru melalui operasi caesar atau saat bayi tiba-tiba terbangun di malam hari untuk menyusu.

Selama memberikan ASI dengan posisi berbaring, sebaiknya singkirkan semua bantal maupun selimut yang ada di dekat bayi. Hindari juga untuk membiarkan bayi tertidur saat menyusui.

5. Posisi football hold atau clutch hold

Posisi menyusui football hold atau bisa juga disebut clutch hold merupakan salah satu posisi yang benar untuk bayi.

Posisi ini dilakukan dengan mengapit bayi pada sisi tubuh, tepatnya di bawah lengan Anda. Posisi ini dapat digunakan untuk ibu dengan riwayat melahirkan caesar dan menyusui dengan payudara besar.

Selain itu, posisi ini juga cocok apabila Anda menyusui anak kembar secara bersamaan. Lengan yang digunakan adalah lengan pada sisi yang sama dengan payudara untuk menyusui.

6. Posisi bayi duduk (sitting baby)

Seperti namanya, posisi ini dilakukan sama persis ketika bayi sedang duduk. Dengan begitu, Anda tidak perlu menopang tubuh bayi seperti melakukan posisi menyusui yang benar lainnya.

Namun, sebelum mencoba posisi yang satu ini, pastikan si kecil sudah cukup kuat untuk duduk sendiri. Berikut tahapan menyusui dengan posisi bayi sambil duduk:

Gunakanlah posisi menyusui bayi yang dirasa paling nyaman untuk ibu dan bayi. Selain itu pastikan bayi selalu merasa nyaman, cek pakaian dan popoknya apakah terasa nyaman untuk bayi. Gunakanlah popok Merries yang memiliki permukaan lembut dan daya serap baik sehingga tak lembab saat dipakai, bayi mejadi nyaman dan dapat menyusu dengan tenang.

Post a Comment

0 Comments